Minggu, 27 April 2014

SEO ( Mozrank )



Cara SEO Blogger Pemula Mungkin pertanyaa ini selalu muncul, pasti akan muncul terlebih Para Blogger Pemula yang ingin memulai ngeblog. Iya sama seperti saya Seo Blogger Pemula, karena pertanyaannya itu sering muncul di dalam pikiran saya, SEO - Apa sih SEO???, Bagaimana Memulai SEO?,  Apa yang di lakukan Pemula untuk memulai SEO??, Optimasi SEO,Bagaimana Melakukan SEO On Page, Tip Trik Menguasai SEO, dan mungkin masih banyak lagi bagaimana cara-cara melakukan Optimasi SEO.

Saya sendiri pun masih bingung bagaimana dan apa itu SEO, setelah mencari kesana-kemari akhirnya saya sedikit tau tentang SEO. SEO kependekan dari Search Engine Optimization, atau bisa kita artikan dengan bahas kita Bahasa Indonesia Optimasi Mesin Pencari, yang merupakan teknik atau cara pengoptimalan Blogg/web kita oleh mesin pencari agar lebih disukai oleh algoritma mesin pencari Google, Bing dan Yahoo dengan sebuah peroses meningkatkan validasi sebuah Blogg/web, yang meningkatkan rangking SERP (search engine results page) di posisi teratas pada mesin pencari dan trafik pada situs Blog/web tersebut.

Untuk melakukan SEO pada Blog memang membutuhkan kesabaran dan keuletan, bagaimana menempatkan Posisi Blog Kita pada Urutan teratas mesin Pencari seperti Google, Bing danyahoo. Banyak di antara kita sobat yang kurang sabar dan cepat putus asa dalam melakukan optimasi SEO untuk blognya. Ada dua cara bagaiman mengoptimasikan SEO pada Blogg sobat dan sedikit menjawab pertanyaan  Tidak tau SEO?? Apa sih SEO??? yang di sampai kan oleh para master SEO. Di bawah ini kutipan agar pertanyaan  Tidak tau SEO?? Apa sih SEO???terungkap dengan Aktifitas SEO.

Aktifitas SEO ada dua macam :

1.       Aktifitas Offpage Optimasi
Aktifitas Optimasi Blogg yang di lakukan diluar Webside /Blogg kita, misalnya, mensubmit url website/blogg ke search engine, submit website/blogg ke web direktory, bergabung dengan forum, mencari backlink dari website/blogg yang sejenis dan lain-lain.
2.       Aktifitas Onpage Optimasi
Aktifitas Optimasi yang di lakukan di dalam blogg kita, atau rekayasa yang menyakut elemen-elemen dan isi yang terdapat di dalam Bloggkita.
Dari optimasi SEO diatas masih banyak lagi yang harus di lakukan, tidak sekendar OnPage atau OffPage saja. Sedikit ada poin Penting dalam SEO:

        Gunakan meta description dalam website/blog sahabat
        Gunakan typografi H1, H2, H3, H4, H5, H6 dengan baik
        Usahakan URL sahabat mengandung keyword
        Taruh keyword pada isi posting terutama pada paragrap pertama
        Perbanyak backlink terhadap website/blog sahabat

Bagaimana SEO Mengoptimasikan Blog dikatakan sudah berhasil, keberhasilan dalam Optimasi tentunya dapat berbeda-beda yang di rasakan, namun Otimasi dikatakan berhasil jika dalam mesin pencari sobat mengetikan sebuah kata kunci blogg sobat dan situs atau blogg sobat berada di urutan 1-10 di mesin pencari itu bisa dikatakan berhasil.

Jadi SEO adalah cara pengoptimalan atau mengoptimalkan website/blog sahabat di mata mesin pencari ( search engine ) sehingga algoritma mesin pencari menyukai dan menemukan Blogg sobat untuk menaikan SERP ( search engine results page ) dan mempertahankan posisi SERP Blogg Sobat yang bisa dilakukan secara On page dan Off page.

Mengapa Kita Perlu Memahami Cara Kerja Mesin Pencari?

Mesin pencari ibarat pemandu yang menunjukkan pilihan tempat tujuan (halaman web) pada pengunjung (user pencari) secara gratis. Tapi mesin pencari adalah pemandu yang sangat idealis dan perfeksionis, untuk menjaga reputasinya dia hanya mau membawa pengunjung apabila tempat tujuan memenuhi kriterianya (guidlines). Apabila memenuhi kriterianya, dia akan selalu menyimpan tempat tujuan tersebut dalam daftarnya (index) dan merekomendasikannya (SERP) kepada kepada pengunjung.

Bila tempat tujuan tidak memenuhi kriterianya, sang pemandu mungkin masih menyimpan tempat tujuan itu dalam daftarnya, tapi dia tidak merekomendasikannya pada pengunjung (sandbox). Bahkan bisa saja tempat tujuan itu dihapus dari daftarnya (deindex) sehingga pemilik tempat tujuan (webmaster) harus mengajukan permohonan pada sang pemandu agar tempat tujuannya kembali dimasukkan dalam daftar tujuan dan direkomendasikan lagi kepada pengunjung (reindex), dalam kondisi ini bisa saja pemandu mau memenuhinya dengan syarat tempat tujuan kembali memenuhi kriteria namun bisa juga pemandu akan menolak permohonan.
Pengalaman saya beberapa tahun yang lalu akan lebih menjelaskan mengapa praktisi SEO perlu mengetahui cara kerja mesin pencari. Pada saat itu saya baru mengenal SEO, karena belajar dari internet tanpa guru, tanpa pembimbing, segala informasi yang saya dapat saya terapkan pada website saya. Teknik white hat dan black hat, karena saya tidak begitu paham apa yang saya lakukan saat itu, tentu saja saya juga belum tahu cara kerja mesin pencari, yang ada di pikiran hanya “just do it”.

Dengan teknik SEO seperti itu website sempat mendapat pengunjung yang banyak, kemudian pengunjung turun, sempat naik sedikit, kemudian turun lagi, lalu jumlah pengunjung naik drastis, namun beberapa hari kemudian pengunjung hanya 1-2 saja, bahkan akhirnya tidak ada pengunjung sama sekali, saat itu saya sadar jika website saya telah dihapus dari index Google. Galau rasanya, karena salah satu website yang jadi sumber penghasilan, tiba-tiba tidak menghasilkan sama sekali.

Pengalaman tersebut merupakan pelajaran berharga, dari situ saya tahu jika teknik SEO yang saya terapkan melanggar guidelines, kemudian saya mencari informasi lebih serius, akhirnya saya menemukan tutorial yang tepat yang hingga kini tetap menjadi acuan saya dalam menerapkan SEO, dalam panduan tersebut praktisi SEO disarankan untuk memahami cara kerja mesin pencari sebelum melakukan aktifitas SEO lainnya. Setelah memahaminya, saya jadi terbiasa melakukan SEO tanpa terlalu memikirkannya. Mari kita bahas bagaimana mesin pencari bekerja.

Mesin Pencari Merayapi Halaman Web dan Membangun Index

Mesin pencari masa kini seperti Google, Yahoo dan Bing mempunyai robot penjelajah yang sangat banyak, mereka menjelajahi semua halaman web dan jenis file lain seperti pdf, doc, jpg yang ada di internet selama halaman web tersebut mengijinkan mereka masuk. Robot mesin pencari bisa merayapi halaman web melalui jalan khusus yang bisa mereka lalui, jalan tersebut kita kenal sebagai tautan (link).

Struktur tautan dari sebuah web berfungsi untuk menyatukan semua halaman yang ada. Melalui tautan-tautan di internet, robot mesin pencari yang kita kenal sebagai “Crawlers”, “Spiders”, “Robots” atau “Bingbot” dapat menjangkau miliaran dokumen yang saling terhubung. Bagi robot mesin pencari tautan ini seperti “Pintu Kemana Saja”-nya Doraemon.

Jika robot mesin mencari menemukan sebuah halaman, mereka akan mengambil sebagian data dan menyimpannya sebagai sebuah potongan (snippet) dan disimpan pada media penyimpanan raksasa. Potongan ini yang akan ditampilkan apabila ada pencari yang memasukkan pertanyaan (query). Kumpulan potongan tersebut disebut index.

Google Snippet

Mengambil potongan dari setiap halaman web yang ada di internet dan menampilkan jawaban dalam waktu sepersekian detik merupakan pekerjaan yang luar biasa berat, maka mesin pencari mempunyai pusat data(data center) yang tersebar di banyak lokasi di dunia.

Setiap pusat data mesin pencari, terdiri dari ribuan server berskala besar, mengapa harus dengan server skala besar? Ketika seseorang melakukan pencarian di salah satu mesin pencari, dia menginginkan hasilnya secepat mungkin, delay 1-2 detik akan terasa lambat, maka diperlukan server skala besar untuk menampilkan hasil pencarian (yang jumlahnya bisa sampai miliaran) secepatnya. Karena itu hanya perusahaan dengan finansial kuat dan memiliki teknologi mutakhir yang bisa eksis dalam jenis usaha mesin pencari. Akan sangat berat bagi perusahaan startup memulai pada lahan ini.

Gallery pusat data Google bisa dilihat pada tautan berikut:
http://www.google.com/about/datacenters/gallery/

Mesin Pencari Memberikan Jawaban

Ketika seseorang mencari sesutu secara online, maka dia membutuhkan mesin pencari untuk menjelajahi kumpulan data yang berjumlah miliaran dokumen. Pada saat ini, mesin pencari melakukan dua hal, yang pertama menentukan hasil yang relevan, yang kedua memberi peringkat hasil pencarian tersebut berdasarkan mana yang lebih penting dari situs yang ditampilkan. Tujuan utama dari SEO adalah mempengaruhi mesin pencari dalam menentukan “relevansi” dan “yang lebih penting” dari suatu halaman web.

Bagi mesin pencari, relevansi bermakna lebih dari sekedar menemukan halaman dengan kata-kata yang tepat. Pada website yang masih baru, mesin pencari tidak terlalu mempromosikanya, akibatnya peringkat website baru dalam hasil pencarian berada pada posisi yang kurang bagus. Melalui berbagai riset dan pengembangan, insinyur mesin pencari menemukan cara yang lebih baik untuk menemukan hasil pencarian yang lebih berarti dan berguna bagi pencari.

Mesin pencari menafsirkan “yang lebih penting” sebagai popularitas. Agar sebuah situs, halaman atau dokumen semakin populer, maka informasi yang terkandung di dalamnya harus memiliki kelebihan. Asumsi ini terbukti sukses dalam penerapannya, mesin pencari terus meningkatkan teknologinya untuk menafsirkan popularitas. Menentukan relevansi dan popularitas sebuah konten tidak dilakukan secara manual, mesin pencari melakukannya dengan sangat teliti menggunakan persamaan matematika dan algoritma yang sangat rumit.

Dari pembahasan di atas kita sudah bisa menyimpulkan, bagaimana cara melakukan SEO, yaitu melakukan beberapa pekerjaan berikut:
•        Robot mesin pencari menjelajah dari satu halaman ke halaman lainnya melalui tautan, maka kita harus memastikan jika semua halaman website saling terhubung dan semua halaman bisa diakses dari halaman lain.
•        Perbanyak tautan yang berada dalam website, dari website lain menuju website kita, juga dari website kita ke website lain, cara paling sederhana untuk menambah tautan adalah dengan menambah jumlah konten dinamis website.
•        Agar website kita masuk dalam hasil pencarian, maka kita harus menyisipkan kata kunci dalam konten.
•        Untuk mempengaruhi mesin pencari meningkatkan popularitas website atau halaman web. kita harus memberikan sesuatu yang lebih pada konten.
•        Walaupun sederhana dan mudah, tentu saja melakukan pekerjaan di atas harus memenuhi guidelines mesin pencari jika ingin website tetap ter-index oleh mesin pencari

Mozrank


Mozrank adalah metrik popularitas link SEOmoz yang menunjukkan seberapa populer sebuah halaman web di internet.
Populer yang bagaimana ?
Yaitu dilihat dari banyaknya link yang masuk dan link yang keluar di blog tsb.
PageRank blog mungkin tidak mempengaruhi MozRank.
Link In Alexa mungkin sangat mempengaruhi.
Nilai dari MozRank sama dengan PageRank yaitu 0 - 10
Tapi penilaian MozRank lebih detail yaitu 0.0 - 9.99

Cara Meningkatkan Mozrank yaitu adalah,
mendapatkan Link ataupun BackLink dari situs yang populer maupun yang semi populer.


Sejarah
Moz was founded by Rand Fishkin and Gillian Muessig in 2004 as 'SEOmoz'. It was incorporated as "SEOmoz LLC" on November 1, 2005 in Washington. It raised $1.1 million in Series A funding in September 2007. On October 17, 2007, it changed its name to "SEOmoz, INC" and incorporated in Delaware. The Delaware corporation SEOmoz, INC incorporated in Washington on July 28, 2008 under the same name From 2008 to 2011, SEOmoz grew from $1.5 million to $11.4 million in revenue. It raised $18 million in 2012. In June 2012, SEOmoz acquired Followerwonk, a tool for searching, filtering and managing Twitter bios with other Twitter management functions like analytics. The terms were not disclosed, but SEOmoz said the acquisition was for somewhere between one to four million US dollars. In December 2012, SEOmoz acquired GetListed For $3 Million. In May 2013 the company rebranded as 'Moz' and relaunched the website at Moz.com. This rebranding caused the company a trademark issue with DOZ.com, another marketing company.

Kegunaan
Moz has a series of tools on its SEO Toolbox page, including a Term Extractor, which shows the importance of words or phrases and what HTML components keywords show up in. It also has a tool to determine the relevance of a page based on sampling. moztrust compares how trustworthy a website is compared to others. mozRank is an alternative to Google PageRank. Moz also has a tool for researching popular search trends and a community site called YOUmoz. There is an SEO audit tool called SEO Toolbar. It sells three different versions of paid accounts.

Budaya
Moz has a culture of transparency. When it raised funding in 2012, the CEO Rand Fishkin blogged about his personal opinions, doubts and analyses as the company went through the process. In September 2007, more than 400 readers posted opinions on Moz on the CEO's facial hair based on six photos he posted. According to the New York Times, he arrived to the conference in Stockholm "unshaven and bristly" based on the crowd-sourced decision.

Bisnis
The organization's business model is largely based on inbound marketing. The company says that eighty-five percent of the trial users of its software come through organic search, social media and referrals. Eighty-five percent of Moz's revenue comes from SaaS subscriptions.


 sumber :



3 komentar:

  1. Ulasannya menarik juga mas, apalagi berdasarkan pengalaman sendiri, alhamdulillah ini sangat bermanfaat buat saya, makasih banyak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap sama sama mas hehe maaf baru diliat commentnya

      Hapus
  2. Masih bingung menerapkan agar mozrank meningkat soalnya tidak ada cara instan supaya moz rank cepat meningkat :D

    BalasHapus