Cara SEO Blogger Pemula Mungkin pertanyaa
ini selalu muncul, pasti akan muncul terlebih Para Blogger Pemula yang ingin
memulai ngeblog. Iya sama seperti saya Seo Blogger Pemula, karena pertanyaannya itu
sering muncul di dalam pikiran saya, SEO - Apa sih SEO???, Bagaimana Memulai
SEO?, Apa yang di lakukan Pemula untuk memulai SEO??, Optimasi
SEO,Bagaimana Melakukan SEO On Page, Tip Trik Menguasai SEO, dan mungkin masih
banyak lagi bagaimana cara-cara melakukan Optimasi SEO.
Saya sendiri pun masih bingung bagaimana
dan apa itu SEO, setelah mencari kesana-kemari akhirnya saya sedikit tau
tentang SEO. SEO kependekan dari Search Engine Optimization, atau bisa kita
artikan dengan bahas kita Bahasa Indonesia Optimasi Mesin Pencari, yang
merupakan teknik atau cara pengoptimalan Blogg/web kita oleh mesin pencari agar
lebih disukai oleh algoritma mesin pencari Google, Bing dan Yahoo dengan sebuah
peroses meningkatkan validasi sebuah Blogg/web, yang meningkatkan rangking SERP
(search engine results page) di posisi teratas pada mesin pencari dan trafik
pada situs Blog/web tersebut.
Untuk melakukan SEO pada Blog memang
membutuhkan kesabaran dan keuletan, bagaimana menempatkan Posisi Blog Kita pada
Urutan teratas mesin Pencari seperti Google, Bing danyahoo. Banyak di antara
kita sobat yang kurang sabar dan cepat putus asa dalam melakukan optimasi SEO
untuk blognya. Ada dua cara bagaiman mengoptimasikan SEO pada Blogg sobat dan
sedikit menjawab pertanyaan Tidak tau SEO?? Apa sih SEO??? yang di sampai
kan oleh para master SEO. Di bawah ini kutipan agar pertanyaan Tidak tau
SEO?? Apa sih SEO???terungkap dengan Aktifitas SEO.
Aktifitas SEO ada dua macam :
1. Aktifitas Offpage Optimasi
Aktifitas Optimasi Blogg yang di lakukan
diluar Webside /Blogg kita, misalnya, mensubmit url website/blogg ke search
engine, submit website/blogg ke web direktory, bergabung dengan forum, mencari
backlink dari website/blogg yang sejenis dan lain-lain.
2. Aktifitas Onpage Optimasi
Aktifitas Optimasi yang di lakukan di
dalam blogg kita, atau rekayasa yang menyakut elemen-elemen dan isi yang
terdapat di dalam Bloggkita.
Dari optimasi SEO diatas masih banyak lagi
yang harus di lakukan, tidak sekendar OnPage atau OffPage saja. Sedikit ada
poin Penting dalam SEO:
• Gunakan meta description dalam
website/blog sahabat
• Gunakan typografi H1, H2, H3, H4,
H5, H6 dengan baik
• Usahakan URL sahabat mengandung
keyword
• Taruh keyword pada isi posting
terutama pada paragrap pertama
• Perbanyak backlink terhadap
website/blog sahabat
Bagaimana SEO Mengoptimasikan Blog
dikatakan sudah berhasil, keberhasilan dalam Optimasi tentunya dapat
berbeda-beda yang di rasakan, namun Otimasi dikatakan berhasil jika dalam mesin
pencari sobat mengetikan sebuah kata kunci blogg sobat dan situs atau blogg
sobat berada di urutan 1-10 di mesin pencari itu bisa dikatakan berhasil.
Jadi SEO adalah cara pengoptimalan atau
mengoptimalkan website/blog sahabat di mata mesin pencari ( search engine )
sehingga algoritma mesin pencari menyukai dan menemukan Blogg sobat untuk
menaikan SERP ( search engine results page ) dan mempertahankan posisi SERP
Blogg Sobat yang bisa dilakukan secara On page dan Off page.
Mengapa Kita Perlu
Memahami Cara Kerja Mesin Pencari?
Mesin pencari ibarat
pemandu yang menunjukkan pilihan tempat tujuan (halaman web) pada pengunjung
(user pencari) secara gratis. Tapi mesin pencari adalah pemandu yang sangat
idealis dan perfeksionis, untuk menjaga reputasinya dia hanya mau membawa
pengunjung apabila tempat tujuan memenuhi kriterianya (guidlines). Apabila
memenuhi kriterianya, dia akan selalu menyimpan tempat tujuan tersebut dalam
daftarnya (index) dan merekomendasikannya (SERP) kepada kepada pengunjung.
Bila tempat tujuan
tidak memenuhi kriterianya, sang pemandu mungkin masih menyimpan tempat tujuan
itu dalam daftarnya, tapi dia tidak merekomendasikannya pada pengunjung
(sandbox). Bahkan bisa saja tempat tujuan itu dihapus dari daftarnya (deindex)
sehingga pemilik tempat tujuan (webmaster) harus mengajukan permohonan pada
sang pemandu agar tempat tujuannya kembali dimasukkan dalam daftar tujuan dan
direkomendasikan lagi kepada pengunjung (reindex), dalam kondisi ini bisa saja
pemandu mau memenuhinya dengan syarat tempat tujuan kembali memenuhi kriteria
namun bisa juga pemandu akan menolak permohonan.
Pengalaman saya
beberapa tahun yang lalu akan lebih menjelaskan mengapa praktisi SEO perlu
mengetahui cara kerja mesin pencari. Pada saat itu saya baru mengenal SEO,
karena belajar dari internet tanpa guru, tanpa pembimbing, segala informasi
yang saya dapat saya terapkan pada website saya. Teknik white hat dan black
hat, karena saya tidak begitu paham apa yang saya lakukan saat itu, tentu saja
saya juga belum tahu cara kerja mesin pencari, yang ada di pikiran hanya “just
do it”.
Dengan teknik SEO
seperti itu website sempat mendapat pengunjung yang banyak, kemudian pengunjung
turun, sempat naik sedikit, kemudian turun lagi, lalu jumlah pengunjung naik
drastis, namun beberapa hari kemudian pengunjung hanya 1-2 saja, bahkan
akhirnya tidak ada pengunjung sama sekali, saat itu saya sadar jika website
saya telah dihapus dari index Google. Galau rasanya, karena salah satu website
yang jadi sumber penghasilan, tiba-tiba tidak menghasilkan sama sekali.
Pengalaman tersebut
merupakan pelajaran berharga, dari situ saya tahu jika teknik SEO yang saya
terapkan melanggar guidelines, kemudian saya mencari informasi lebih serius,
akhirnya saya menemukan tutorial yang tepat yang hingga kini tetap menjadi
acuan saya dalam menerapkan SEO, dalam panduan tersebut praktisi SEO disarankan
untuk memahami cara kerja mesin pencari sebelum melakukan aktifitas SEO
lainnya. Setelah memahaminya, saya jadi terbiasa melakukan SEO tanpa terlalu
memikirkannya. Mari kita bahas bagaimana mesin pencari bekerja.
Mesin Pencari Merayapi
Halaman Web dan Membangun Index
Mesin pencari masa kini
seperti Google, Yahoo dan Bing mempunyai robot penjelajah yang sangat banyak,
mereka menjelajahi semua halaman web dan jenis file lain seperti pdf, doc, jpg
yang ada di internet selama halaman web tersebut mengijinkan mereka masuk.
Robot mesin pencari bisa merayapi halaman web melalui jalan khusus yang bisa
mereka lalui, jalan tersebut kita kenal sebagai tautan (link).
Struktur tautan dari
sebuah web berfungsi untuk menyatukan semua halaman yang ada. Melalui tautan-tautan
di internet, robot mesin pencari yang kita kenal sebagai “Crawlers”, “Spiders”,
“Robots” atau “Bingbot” dapat menjangkau miliaran dokumen yang saling
terhubung. Bagi robot mesin pencari tautan ini seperti “Pintu Kemana Saja”-nya
Doraemon.
Jika robot mesin
mencari menemukan sebuah halaman, mereka akan mengambil sebagian data dan
menyimpannya sebagai sebuah potongan (snippet) dan disimpan pada media
penyimpanan raksasa. Potongan ini yang akan ditampilkan apabila ada pencari
yang memasukkan pertanyaan (query). Kumpulan potongan tersebut disebut index.
Google Snippet
Mengambil potongan dari
setiap halaman web yang ada di internet dan menampilkan jawaban dalam waktu
sepersekian detik merupakan pekerjaan yang luar biasa berat, maka mesin pencari
mempunyai pusat data(data center) yang tersebar di banyak lokasi di dunia.
Setiap pusat data mesin
pencari, terdiri dari ribuan server berskala besar, mengapa harus dengan server
skala besar? Ketika seseorang melakukan pencarian di salah satu mesin pencari,
dia menginginkan hasilnya secepat mungkin, delay 1-2 detik akan terasa lambat,
maka diperlukan server skala besar untuk menampilkan hasil pencarian (yang
jumlahnya bisa sampai miliaran) secepatnya. Karena itu hanya perusahaan dengan
finansial kuat dan memiliki teknologi mutakhir yang bisa eksis dalam jenis
usaha mesin pencari. Akan sangat berat bagi perusahaan startup memulai pada
lahan ini.
Gallery pusat data
Google bisa dilihat pada tautan berikut:
http://www.google.com/about/datacenters/gallery/
Mesin Pencari
Memberikan Jawaban
Ketika seseorang
mencari sesutu secara online, maka dia membutuhkan mesin pencari untuk
menjelajahi kumpulan data yang berjumlah miliaran dokumen. Pada saat ini, mesin
pencari melakukan dua hal, yang pertama menentukan hasil yang relevan, yang
kedua memberi peringkat hasil pencarian tersebut berdasarkan mana yang lebih
penting dari situs yang ditampilkan. Tujuan utama dari SEO adalah mempengaruhi
mesin pencari dalam menentukan “relevansi” dan “yang lebih penting” dari suatu
halaman web.
Bagi mesin pencari,
relevansi bermakna lebih dari sekedar menemukan halaman dengan kata-kata yang
tepat. Pada website yang masih baru, mesin pencari tidak terlalu
mempromosikanya, akibatnya peringkat website baru dalam hasil pencarian berada
pada posisi yang kurang bagus. Melalui berbagai riset dan pengembangan,
insinyur mesin pencari menemukan cara yang lebih baik untuk menemukan hasil
pencarian yang lebih berarti dan berguna bagi pencari.
Mesin pencari
menafsirkan “yang lebih penting” sebagai popularitas. Agar sebuah situs,
halaman atau dokumen semakin populer, maka informasi yang terkandung di
dalamnya harus memiliki kelebihan. Asumsi ini terbukti sukses dalam
penerapannya, mesin pencari terus meningkatkan teknologinya untuk menafsirkan
popularitas. Menentukan relevansi dan popularitas sebuah konten tidak dilakukan
secara manual, mesin pencari melakukannya dengan sangat teliti menggunakan
persamaan matematika dan algoritma yang sangat rumit.
Dari pembahasan di atas
kita sudah bisa menyimpulkan, bagaimana cara melakukan SEO, yaitu melakukan
beberapa pekerjaan berikut:
• Robot mesin pencari menjelajah dari satu
halaman ke halaman lainnya melalui tautan, maka kita harus memastikan jika
semua halaman website saling terhubung dan semua halaman bisa diakses dari
halaman lain.
• Perbanyak tautan yang berada dalam
website, dari website lain menuju website kita, juga dari website kita ke
website lain, cara paling sederhana untuk menambah tautan adalah dengan
menambah jumlah konten dinamis website.
• Agar website kita masuk dalam hasil
pencarian, maka kita harus menyisipkan kata kunci dalam konten.
• Untuk mempengaruhi mesin pencari
meningkatkan popularitas website atau halaman web. kita harus memberikan
sesuatu yang lebih pada konten.
• Walaupun sederhana dan mudah, tentu saja
melakukan pekerjaan di atas harus memenuhi guidelines mesin pencari jika ingin
website tetap ter-index oleh mesin pencari
Mozrank
Mozrank adalah metrik popularitas link SEOmoz yang menunjukkan seberapa populer sebuah halaman web di internet.
Populer yang bagaimana ?
Yaitu dilihat dari banyaknya link yang masuk dan link yang keluar di blog tsb.
PageRank blog mungkin tidak mempengaruhi MozRank.
Link In Alexa mungkin sangat mempengaruhi.
Nilai dari MozRank sama dengan PageRank yaitu 0 - 10
Tapi penilaian MozRank lebih detail yaitu 0.0 - 9.99
Cara Meningkatkan Mozrank yaitu adalah,
mendapatkan Link ataupun BackLink dari situs yang populer maupun yang semi populer.
Sejarah
Moz was founded by Rand Fishkin and Gillian Muessig in 2004
as 'SEOmoz'. It was incorporated as "SEOmoz LLC" on November 1, 2005
in Washington. It raised $1.1 million in Series A funding in September 2007. On
October 17, 2007, it changed its name to "SEOmoz, INC" and
incorporated in Delaware. The Delaware corporation SEOmoz, INC incorporated in
Washington on July 28, 2008 under the same name From 2008 to 2011, SEOmoz grew
from $1.5 million to $11.4 million in revenue. It raised $18 million in 2012.
In June 2012, SEOmoz acquired Followerwonk, a tool for searching, filtering and
managing Twitter bios with other Twitter management functions like analytics.
The terms were not disclosed, but SEOmoz said the acquisition was for somewhere
between one to four million US dollars. In December 2012, SEOmoz acquired
GetListed For $3 Million. In May 2013 the company rebranded as 'Moz' and
relaunched the website at Moz.com. This rebranding caused the company a trademark
issue with DOZ.com, another marketing company.
Kegunaan
Moz has a series of tools on its SEO Toolbox page, including
a Term Extractor, which shows the importance of words or phrases and what HTML
components keywords show up in. It also has a tool to determine the relevance
of a page based on sampling. moztrust compares how trustworthy a website is
compared to others. mozRank is an alternative to Google PageRank. Moz also has
a tool for researching popular search trends and a community site called YOUmoz.
There is an SEO audit tool called SEO Toolbar. It sells three different
versions of paid accounts.
Budaya
Moz has a culture of transparency. When it raised funding in
2012, the CEO Rand Fishkin blogged about his personal opinions, doubts and
analyses as the company went through the process. In September 2007, more than
400 readers posted opinions on Moz on the CEO's facial hair based on six photos
he posted. According to the New York Times, he arrived to the conference in
Stockholm "unshaven and bristly" based on the crowd-sourced decision.
Bisnis
The organization's business model is largely based on inbound
marketing. The company says that eighty-five percent of the trial users of its
software come through organic search, social media and referrals. Eighty-five
percent of Moz's revenue comes from SaaS subscriptions.
sumber :
Ulasannya menarik juga mas, apalagi berdasarkan pengalaman sendiri, alhamdulillah ini sangat bermanfaat buat saya, makasih banyak ya?
BalasHapusyap sama sama mas hehe maaf baru diliat commentnya
HapusMasih bingung menerapkan agar mozrank meningkat soalnya tidak ada cara instan supaya moz rank cepat meningkat :D
BalasHapus